Teknik Menyolder yang Benar

A. Peralatan

Perlengkapan yang diperlukan pada waktu menyolder, antara lain:

Timah solder/ Tinol( metal yang memiliki titik cair lumayan rendah sehingga gampang mencair);

Multitester/ Multimeter( digunakan buat mengecek komponen saat sebelum disolder);

Penjepit/ tang( digunakan buat menjepit kaki komponen elektronika yang hendak di solder, sehingga komponen tersebut gampang dipasang serta tidak sangat panas sebab sebagian panas hendak disalurkan pada penjepit);

Penghisap solder( digunakan buat mensterilkan tinol baik yang terdapat pada PCB ataupun komponen, pula digunakan buat memudahkan waktu mencabut komponen dari PCB);

Dudukan solder( digunakan buat menaruh solder yang panas kala lagi tidak digunakan).

Sinaupedia

B. Keselamatan Kerja

Pakai kacamata polycarbonate ataupun yang sejenis buat melindungi mata dari asap solder

Jangan sempat memegang elemen pemanas ataupun ujung dari solder

Senantiasa kembalikan solder pada stand soder sehabis digunakan ataupun kala tidak digunakan

Jalani penyolderan pada zona yang lumayan ventilasi

Mencuci tangan kala berakhir mengerjakan penyolderan

C. Persiapan Penyolderan

Dipasaran ada solder yang memiliki rentang energi antara 15 watt s/ d 40 watt. Terus menjadi besar tegangannya, solder tersebut hendak terus menjadi panas. Dalam pemilihan solder yang wajib kita perhatikan merupakan barang kerja yang hendak di solder. Buat menyolder komponen elektronika diajarkan memakai solder yang berkekuatan 30 watt, biar tidak sangat panas yang menimbulkan komponen yang disolder jadi rusak.

Cek PCB serta komponen elektronika yang hendak di solder. Yakinkan kalau komponen- komponen tersebut dapat berperan cocok dengan yang diharapkan.

D. Proses Penyolderan

Bila perihal diatas telah dimengerti serta dipersiapkan hingga ayo lanjutkan pada sesi penyolderan. Perhatikan dengan seksama tahapan dibawah ini serta hal- hal yang wajib dicoba sepanjang sesi penyolderan.

  1. Bilas PCB serta Kaki Komponen

Bilas bagian- bagian yang hendak disolder baik itu PCB ataupun kaki komponen elektronika dengan ampelas halus ataupun pisau sehingga lapisan- lapisan cat, gendut ataupun oksida tersingkirkan. Apabila memakai kawat montase berisolasi( misal; kawat email) hingga kelupaslah dahulu isolasinya sejauh 6- 7mm setelah itu ujung kawat dilapis dengan timah.

  1. Memasukan Komponen Elektronika pada PCB

Kawat kaki komponen dimasukan pada lubang PCB serta bengkokan dengan tang sehingga ada pengait mekanis buat melindungi posisi komponen. Ujung kawat yang berdiameter besar wajib dipasang sedemikian rupa sehingga penyolderan bisa dicoba dengan baik.

  1. Mengendalikan Posisi PCB

Aturlah posisi PCB serta titik solderan sehingga cairan timah bisa mengalir sendiri ke titik yang di idamkan dengan dorongan gravitasi bumi.

  1. Memanaskan PCB serta Kaki Komponen

Taruh bagian datar dari ujung solder ke sisi yang lebar pada PCB sehingga penyaluran panas terjalin lewat permukaan yang sangat luas.

  1. Meningkatkan Timah pada Titik Solderan

Bagikan timah pada titik solderan serta upayakan susunan kolophonium lebih dahulu mencair baru setelah itu timah. Jumlah timah yang dilebur pada titik solderan bukanlah wajib penuhi bundaran pad PCB.

  1. Menarik Timah Solder

Sehabis jumlah timah yang meleleh dirasa lumayan, singkirkan timah dari titik solderan. Tahan ujung solder pada titik solderan hingga timah menyerap pada seluruh bagian solderan. Sehabis itu tarik ujung solder dari titik solderan serta perkenankan sebagian dikala buat proses pendinginan.

  1. Mendinginkan Titik Solderan

Sepanjang pendinginan, titik penyolderan tidak boleh terguncang buat menjauhi penyolderan dingin. Penyolderan dingin bisa dilihat dari permukaan timah pada titik solderan yang jadi buram.

  1. Perhatikan

Buat menyolder komponen semikonduktor gunakanlah solder yang panas serta jalani dengan kilat. Jauhi memakai solder yang dingin yang malah membuat proses penyolderan jadi lebih lama kecuali dalam keadaan tertentu yang mewajibkan memakai solder yang lebih dingin.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>