Sejarah dan Makna Tari Serampang Dua Belas

Menurut beberapa sumber, Serampang memperkenalkan Twelve Dance sebagai “Tari Pulau Sari.” Tarian ini diciptakan pada tahun 1940 oleh seorang seniman bernama Soti. Ketika pertama kali diperkenalkan, tarian tradisional ini diiringi oleh lagu yang disebut Pulau Sari, sehingga tarian itu disebut Tari Pulau Sari.

Orang-orang pada saat itu merasa tertarik dengan tarian Pulau Sari, karena gerakannya indah dan juga mengandung makna yang menarik juga. Tidak hanya masyarakat Sumatera Utara, Pulau Tari Sari juga disambut oleh pemerintah.

Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah Sumatera Utara saat itu memberikan penghargaan kepada Soti sebagai pencipta tarian Pulau Sari. Selain itu, Sauti mendapat kehormatan dari pemerintah untuk diwakili dalam layanan budaya di Sumatera Utara di Medan. Di sana, Sauti secara aktif memperkenalkan tarian Pulau Sari, sehingga semakin dikenal oleh semua orang di sana. Tarian ini akhirnya dikenal sebagai Lembaga Pendidikan dan Kebudayaan.

Tarian Pulau Sari mengalami banyak perubahan pada 1950-an hingga 1960-an. Nama Tari Pulau Sari dianggap tidak pantas, didukung oleh banyak pertimbangan lain, dan nama tarian diubah menjadi Serampang Dua Belas. Para penari yang menari dalam tarian tradisional ini awalnya hanya laki-laki, tetapi akhirnya berubah menjadi pasangan dengan seorang wanita. Karena ada perubahan di bagian penari, gerakan di Serampang Dua Belas juga berubah.

Seperti disebutkan sebelumnya, setiap seri novel Serampang Twelve Dance memiliki gerakan yang indah dan juga artinya sendiri. Apa arti gerakan dalam tarian? Di bawah ini adalah serangkaian gerakan dalam tarian Serampang Twelve bersama dengan penjelasannya.

  1. Tarian awal

Gerakan utama dalam tarian ini adalah belokan dan lompatan kecil. Sepasang penari berjalan perlahan, mengelilingi satu sama lain, dan kemudian menyodok lompatan kecil. Tarian putaran pertama menceritakan bagaimana posisi pria dan wanita muda yang bertemu untuk pertama kalinya. Perasaan malu, keingintahuan pemuda, sebagian besar disorot dalam gerakan awal tarian ini.

  1. Menari berjalan

Gerakan kedua adalah gerakan kecil dan melingkar. Kedua penari berjalan kecil, diselingi tur, lalu terbalik. Gerakan ini ingin menunjukkan tumbuhnya perasaan antara seorang pria muda dan seorang gadis. Kedua sejoli mulai merasakan cinta yang tumbuh, tetapi masih ada keraguan bahwa perasaan cinta itu ditransmisikan.

  1. Dizzy dancing

Dalam gerakan ketiga ini, perasaan cinta yang dirasakan pria dan wanita muda semakin membesar. Perasaan duka juga semakin terasa. Namun, mereka masih menyimpan perasaan mereka. Selain cinta dan kebingungan yang sedih, keduanya juga menginginkan intensitas pertemuan yang lebih banyak.

  1. Tarian gila

Gerakan tarian gila menunjukkan pria dan wanita muda yang mencintai cinta. Penari luar biasa, menakjubkan, seperti orang mabuk.

  1. Gulat menari

Gerakan berjalan siput ingin menunjukkan respons gadis itu kepada pria muda yang mendekatinya. Gadis itu menggambar melalui gerakan mengarungi dan memainkan mata. Anggukan itu menunjukkan bahwa gadis itu memiliki keinginan yang sama dengan pria muda itu. Artinya, Anda ingin menjalin hubungan.

  1. Menari canggung

Dalam tarian dansa yang mengguncang, pria muda dan gadis itu naik irama. Ini menunjukkan bahwa pemuda itu menerima sinyal dari gadis itu untuk segera mengungkapkan hatinya.

  1. Menari di sebelah kaki

Panggung tari satu kaki menunjukkan kepercayaan diri untuk mengekspresikan atau membatalkan cinta. Kedua orang saling curiga. Pada akhirnya, pria dan wanita muda tahu bahwa mereka memiliki cinta yang sama, sehingga mereka dapat memulai hubungan cinta.

  1. Menari langkah ketiga

Langkah ketiga adalah melompat 3 kali maju atau mundur. Ini memberi tahu lelaki dan perempuan muda bahwa mereka ingin meyakinkan diri mereka sendiri bahwa ini adalah cara mereka hidup bersama. Gerakan ini juga menceritakan tentang perasaan bahagia bagi dua orang karena mereka saling mengenal secara pribadi dengan keluarga.

  1. Menari Menari

Seperti namanya, gerakan tarian tinggi dibuat oleh pembohong. Tur dansa ini menunjukkan denyutan bahwa pasangan merasa menunggu restu dari orang tua.

  1. Tarian datang dan pergi

Gerakan ini mengklarifikasi proses proposal pria untuk gadis itu. Pria dan wanita saling mendekati, diikuti oleh dua kelompok penari.

  1. Tarian lainnya

Gerakan ini meningkatkan suasana proses pengiriman pengantin wanita ke altar. Gerakan yang dilakukan juga melibatkan perasaan sukacita yang besar.

  1. Menelusuri tarian

Langkah terakhir ini menggunakan tisu silang berwarna cerah. Laki-laki dan perempuan muda itu menarik saputangan mereka dan menyilangkan saputangan itu.

Info lebih lanjut:
https://mardinata.com/

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>