Jenis-jenis Kertas

Kertas adalah bahan tipis yang diproduksi oleh proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Makalah ini pertama kali dikembangkan oleh orang Cina. Dengan ditemukannya makalah ini, ia mengubah kebiasaan orang-orang yang mendokumentasikan tulisan-tulisan mereka yang biasa menulis melalui media kain, batu, tulang, dan kertas. Di Indonesia sendiri digunakan untuk dokumentasi melalui daun kelapa. Kertas tidak hanya digunakan sebagai media menulis, seperti kertas yang fungsinya membersihkan dan kertas juga dapat digunakan sebagai objek teknis seperti origami.

Makalah itu sendiri telah menjadi bagian penting dari kehidupan seseorang tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar. Kertas yang sama sering digunakan saat berbelanja, parkir kendaraan, membayar tagihan, ATM, dan memasuki jalan tol. Semua yang kami terima dalam bentuk “kertas penerima” tidak hanya kertas itu juga digunakan untuk mengemas makanan kita.

Sebuah makalah dibuat dari awal untuk mendokumentasikan karya, baik secara tertulis atau dalam bentuk gambar. Seiring dengan waktu, kertas itu sendiri berubah bentuk berdasarkan fungsi dokumennya; seperti dalam membaca buku, buku catatan, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat, dan banyak lagi. Masing-masing dari mereka memiliki sifat yang berbeda dari permukaan kertas tergantung pada fungsinya. Mari kita lihat jenis-jenis kertas berdasarkan penggunaannya:

HVS
Kertas ini luar biasa, putih, dan tipis dengan ketebalan mulai dari 60 gram hingga 70 gram dan 80 gram dan 100 gram. Makalah ini berisi kertas yang biasa digunakan di kantor dan sekolah sebagai laporan pekerjaan, tugas sekolah, dan makalah, dan juga digunakan di media kertas buku.

Buku kertas
Kertas ini dengan tekstur sederhana cenderung lunak, menguning, ringan dan halus. Ketebalan kertas berkisar dari 55g hingga 70g dan 90g. Makalah ini khusus digunakan untuk buku teks saja, karena gambar kurang memiliki warna yang lebih intens karena warna kertas itu sendiri cenderung kuning. Lembar ini dibuat untuk membuat mata Anda selalu merasa nyaman membaca buku.

Makalah teknis
Kertas ini halus, putih, halus, dan berkilau dengan sedikit ketebalan tipis, yaitu 120 gram dan 150 gram. Makalah ini sering digunakan dalam brosur, poster, bagian konten majalah, bagian konten profil perusahaan, dan bagian konten buku yang memerlukan gambar lebih rinci. Kertas ini terlihat lebih mewah terutama dengan pelapisan dipoles atau merpati.

Seni kartun
Kertas ini halus, putih, halus, mengkilap, dan tebal. Ketebalan kertas dimulai pada 190g, 210g, 230g, 260g, dan 310g. Makalah ini biasanya digunakan untuk kartu nama, sampul buku, sampul majalah, profil perusahaan, poster, sertifikat, kotak produk, undangan, dan banyak lagi. Untuk kartu nama dan sampul tertulis itu sendiri, sangat cocok untuk menggunakan ketebalan kertas 260g.

Karton BW
Kertas ini memiliki tekstur yang halus, putih, dengan ketebalan 240 g. Makalah ini biasanya digunakan untuk sertifikat, kartu kontribusi bulanan, folder, undangan, dan banyak lagi. Kertas ini cocok untuk menulis dengan pena seperti kertas HVS.

Melati
Kertas ini memiliki tekstur yang halus, halus dan mengkilap, dan ada partikel emas di permukaan kertas. Makalah ini digunakan untuk undangan dan kartu ucapan. Lembar ini mengandung banyak varian warna

Kerukunan
Kertas ini memiliki tekstur yang agak halus dan memiliki permukaan yang terangkat seperti goresan. Makalah ini biasanya digunakan untuk testimonial, proposal, pesan penting dan banyak lagi. Makalah ini mengandung banyak varian lunak.

Linen Jepang
Kertas ini halus dan lembut dan memiliki tekstur yang mirip dengan tekstur di permukaan depan. Kertas ini tebal 240 gram dan sering digunakan untuk sertifikat dan kartu nama karena permukaannya mirip kertas. Dan beberapa varian warna.

Kerbau
Kertas ini halus dan lembut dan terasa seperti gumpalan kayu. Kertas tebal ini biasanya digunakan untuk ukuran topi, beberapa untuk folder dan kartu grafis. Lembar ini juga mengandung banyak varian warna.

NCR
Makalah ini lembut dan halus serta partikel karbon. Makalah ini biasanya digunakan dalam catatan, tulang, kwitansi, faktur, surat wasiat, dll. Makalah ini mudah ditulis dan dapat disalin pada halaman kedua karena adanya partikel karbon.

Stiker krom
Kertas ini memiliki cincin dekoratif, halus, mengkilap, dan memiliki lapisan lem pada permukaan belakang. Makalah ini biasanya digunakan untuk media promosi yang ditempel di lokasi tertentu.

Stiker vinil
Kertas ini terbuat dari bahan sintetis, ditandai dengan tekstur, halus, mengkilap, fleksibel dan memiliki lapisan lem pada permukaan belakang. Kertas ini biasa digunakan di bagian-bagian sepeda motor, mobil, helm, dll. Karena kertas ini biasa digunakan di mobil karena tidak mudah robek dan menimbulkan korosi akibat hujan dan panas, seperti pada kertas umum.

Bahkan, ada banyak varian jenis kertas lain berdasarkan kegunaannya. Nanti kita akan menambahkan jenis kertas lain.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>